Catatan Tentang Jama’ah Tabligh: Kebohongan Amir Jama’ah Tabligh di Pekanbaru

Sekilas Tentang Jama’ah Tabligh (JT)1

Jama’ah tabligh termasuk ahlul bid’ah dan firqah sesat menyesatkan yang termasuk ke dalam firqah-firqah shufiyyah.

Firqah tabligh ini terbit dari India yang didirikan oleh seorang shufiy tulen bernama Muhammad Ilyas. Kemudian firqah sesat ini mulai mengembangkan ajarannya dan masuk ke negeri-negeri Islam seperti Indonesia, Malaysia dan lain-lain.

Firqah tabligh ini dibina atas dasar kejahilan yang dalam dan merata, yang diawali oleh pendirinya, pengganti-penggantinya, amir-amirnya, tokoh-tokohnya, syaikh-syaikhnya, murid-muridnya, khususnya pengikut-pengikutnya dari orang-orang awam. Yaitu kejahilan mereka terhadap Islam.

Kerusakan di dalam manhaj dan aqidah mereka yang dipenuhi dengan kesyirikan yang berdiri di atas manhaj shufiyyah. Ibadah mereka yang dipenuhi dengan bid’ah yang sangat jauh dari sunnah. Akhlak dan adab mereka yang dibuat-buat sangat jauh dari akhlak Nabi dan para Sahabat. Mereka sangat fakir dan miskin dari ilmu.2 Hal ini disebabkan karena mereka sangat menjauhi ilmu (bahkan memeranginya).3  

Di antara syi’ar sesat jama’ah tabligh adalah khuruj (keluar 3 hari, 40 hari, 4 bulan).4 Mereka membatasi dakwah hanya dengan khuruj berjama’ah bersama mereka selama 3 hari dan seterusnya. Khuruj ini mempunyai kedudukan dan keutamaan yang besar bagi mereka melebihi shalat, sedekah, puasa, haji dan lain-lain.

Kebohongan Jama’ah Tabligh5

Mari kita baca kisah yang dibawakan oleh Ustadz Abdul Hakim di dalam buku beliau “AL-MASAA-IL” jilid 4, beliau berkata:6

“Keutamaan khuruj ini pernah saya dengar langsung dari salah seorang amir mereka7 di Pekanbaru pada tahun 1995 di Masjid Agung an-Nur selepas shalat maghrib. Ketika amir itu telah selesai dari ceramah bid’ahnya dan mengajak kaum muslimin mengerjakan bid’ah yang lain yaitu khuruj, saya tanyakan mana dalilnya dari al-Kitab8 dan Sunnah tentang keutamaan khuruj yang saudara katakan tadi? Amir itu sangat terkejut dan mengingkari apa yang telah dia katakan di atas. Kemudian saya meminta kepada jama’ah tabligh yang hadir di masjid itu untuk menjadi saksi bahwa amir mereka betul-betul telah mengucapkannya. Besar harapan saya bahwa mereka akan membenarkan apa yang saya katakan dan menjadi saksi di dalam kebenaran bukan menjadi saksi palsu. Akan tetapi harapan saya hilang ketika saya mendengar mereka semuanya telah mengingkari saya dan membenarkan amir mereka. Tidak ada saksi bagi saya kecuali Allah Yang Maha Mendengar dan Maha Melihat, kemudian seorang ikhwan kita yang duduk di samping saya. Lalu saya pun meninggalkan masjid sambil berkata bahwa mereka ini semuanya pembohong!!!”9

Faedah: Berhati-hatilah terhadap jama’ah tabligh karena adanya sifat pembohong pada sebagian mereka (kalau tidak mau dikatakan semuanya)!

Allahu a’lam.

Disusun oleh Abu Aslam bin Syahmir Marbawi

Footnote:

  1. Qaulul Baligh fit Tahdzir min Jama’atit Tabligh oleh Syaikh Hamud bin Abdullah bin Hamud at-Tuwaijiriy rahimahullah. Waqafaatun Ma’a Jama’tit Tabligh. Mu’jamul Bida’ hal: 25 & 95-96. Lihat buku “AL-MASAA-IL” jilid 4, karya Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, halaman 72.
  2. Seandainya ada zakat (sedekah) ilmu, tentu mereka berhak menerimanya. Karena mereka adalah fakir dan miskin ilmu.
  3. Bahkan kami dapati dari sebagian Jama’ah Tabligh (kalau tidak mau dikatakan semuanya) meremehkan penuntut ilmu, bahkan meremehkan ulama.
  4. Ada yang menamakan dengan istilah khuruj fii sabiilillah (keluar di jalan Allah). Kami katakan: penamaan yang lebih tepat adalah khuruj min sabiilillah (keluar dari jalan Allah) atau khuruj di jalan Ilyas. Jika seorang manusia keluar dari jalan Allah (sabiilillah) maka tidak diragukan lagi kesesatannya. Jalan Allah adalah jalan kebenaran, siapa saja yang keluar (melenceng) dari jalan Allah maka dia tersesat dengan kesesatan yang nyata.
  5. Lihat buku “AL-MASAA-IL” jilid 4, karya Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, halaman 77.
  6. Kami (penyusun tulisan ini) memberikan tambahan catatan kaki, untuk menambahkan penjelasan.
  7. Yakni amir jama’ah tabligh.
  8. Yakni al-Qur’anul Karim.
  9. Sampai di sini perkataan Ustadz Abdul Hakim.

Artikel lainnya:

Keutamaan-Keutamaan Shalat

Kesyirikan Jama’ah Tabligh

JANGAN Pakai Jimat!

Guru Syaikh al-Albani

Anjing pun Membenci Syi’ah

About these ads

Posted on Juli 19, 2012, in FIRQAH and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 37 Komentar.

  1. Ustadz, antum cari kemenangan atau kebenaran? Kalau kemenangan, ambil deh!!! Saya ngaku kalah.
    Kalau cari kebenaran tolong tanggapi berbagai komentar saya, yg antum moderasi.

    Atau antum kah “Sang Pemilik Kebenaran”? yg sesat semua orang yg tidak sependapat dgn anda.

    • Barakallahu fiik.
      Tentunya kita mencari kebenaran.
      Saudaraku, tidak semua komentar harus ditanggapi. Jika semua komentar ditanggapi, tentu akan menghabiskan waktu dan memalingkan kita dari kebaikan yang banyak.
      Ditambah lagi komentar yang banyak mengandung kesesatan.

      Jika dirasa perlu, komentar akan ditanggapi. Jika tidak, maka tidak perlu ditanggapi.
      Semoga Allah menambahkan ilmu kepada akhy.

  2. Dalil Khuruj adalah Dakwah Wattablig Fiisabilillah …. Apa masih ada yg mennanyakan soal dalil 3 hari 40hari atau 4 bulani ? Dalill lamanya keluar Khuruj merujuk ke Amalan Sahabat RA …!! Apa ada yang masih di pertanyakan tuan ??

    • Amalan khuruj model ini bukan merujuk kepada para Sahabat Radhiyallahu ‘anhum, akan tetapi merujuk kepada mimpinya Muhammad Ilyas.
      Siapa Muhammad Ilyas?
      Muhammad Ilyas adalah pendiri Jama’ah Tabligh.
      Kesimpulannya amalan khuruj versi Jama’ah Tabligh bukan berasal dari para Sahabat, tetapi berasal dari pendirinya.

      • Iskandar Dorman

        Antum Tahu Dari Mana ? Dari radio ? Dari Internet ? Sudah Pernah Ikut Khuruj Belum ? Antum Tidak Akan Pernah Tahu Manisnya Durian Jika Hanya Melihat Dari Kulitnya, Sebelum Antum Mencicipinya…. Tak Kenal Maka Tak Sayang Istilah Lainnya…. Semoga Allah Beri Hidayah…

      • Ini adalah logika murahan.
        Apakah kita akan memahami bahaya zina setelah merasakan zina??
        Apakah kita akan memahami terlarangnya minuman keras setelah meminumnya??
        Tentu tidak.
        Kita akan mengetahui bahaya dan terlarangnya zina, miras dan perbuatan dosa lainnya dari al-Qur’an dan as-Sunnah.

        Untuk mengetahui bahaya dan terlarangnya perbuatan dosa adalah dengan mempelajari al-Qur’an dan as-Sunnah, bukan dengan melakukannya.

        Begitu juga mengetahui kekeliruan dan kesesatan jama’ah tabligh, mengetahuinya adalah dengan cara membaca buku dan mendengarkan ceramah yang membahas tentang kesesatan jama’ah tabligh.

        TIDAK PERLU KHURUJ untuk mengetahui kesesatan jama’ah tabligh.

    • ,inilah kesalahan kami terbesar : baik sangka yg keblabasan,kami pikir tak mungkin ada yg berani dusta atas nama agama. Dengan berharap dapat mengetahui bagaimana beribadah yang benar sesuai Sunnah Rasulullah, kami ikut JT.Suami tiap th khuruj 4 bln IPB (7 kali) ,hidmat di Nizamudin , 4 bln negri jauh (Amerika). Masturoh 2 bln ke IP , dibai’at di Nizamudin oleh maulana inamul hasan.
      Makin banyak syubhat yg saya dapatkan ,saya tanya disurat apa atau dihadist mana perintah khuruj itu ? bukannya jawaban yg kami dapatkan tapi kemarahan.
      Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah, wahai saudaraku. Jangan mengkhianati Allah, Rasulullah, Al-Qur’an dan kaum muslimin. Jangan kita menipu orang awam. Jangan mengukur urusan apapun semata-mata hanya dengan perasaan kitasebab dienullah sangat terang benderang, malamnya sebagaimana siangnya, tidak akan ada yang menyimpang darinya sepeninggal beliau shalallalahu ‘alaihi wa sallam melainkan orang yang pasti binasa.
      Allah telah menyempurnakan dien-Nya, termasuk dalam hal ini ialah jalan dakwah. Ini merupakan perkara tauqifi, harus atas petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih. Sedangkan apa yang tidak sesuai dengannya, maka ia adalah bid’ah dan kesesatan, sekalipun namanya dipoles dengan apa saja dan biarpun memamerkan berjuta dalih.

  3. Apa ada yang mau bincang2 soal Amalan BID”AH ? ….. Silahkan saya senang sekali membahas atas perkara ini … ;)

  4. Afwan, tidak semua komentar bisa ditampilkan. Komentar yang mengandung syubhat tidak ditampilkan.
    Barakallahu fiikum.

  5. kamu boleh mengatakan apa yang kau suka wahai antek zionis, allah pasti akan menghisab setiap amal dan perbuatan kita,

    • Na’am…
      Allah akan menghisab kita, termasuk seorang yang memanggil saudaranya “iblis” dan “antek zionis”…

      Kami berlepas diri dari iblis dan yahudi (zionis).
      Kami berlindung kepada Allah dari tuduhan orang yang suka menuduh.

    • bismillah, ana tidak yakin dng keimanan antum wahai abu dawud, antum jangan terlalu lancang menuduh seseorang Antek Zionis,Iblis,dsb… karna apabila antum mengatakan sesuatu hal kpd seseorang namun perkataan tsb tdk terbukti pada orang tsb,maka apa yg anda katakan tsb kembali kepada antum sendiri, semoga Allah membuka hati antum wahai orang terbaik didunia

    • Anda keterlaluan. Ini bukti JT itu anggota-anggotanya tidak mengajarkan kebaikan, main tuduj sesuka hati.

  6. dasar iblis

    • Semoga Allah menunjukimu…

    • Hawa nafsu telah membutakan antum sehingga menghalangi antum dari mengikuti jejak generasi yang telah dipuji oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai barometer kebenaran dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sikap seperti itu menggiring antum untuk terus lebih mengedepankan logika ,antum memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak dengan apa yang diajarkan dan diamalkan oleh generasi salaf ,menggunakan nash-nash Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai tameng untuk melindungi penyimpangan dan kesesatan antum. Dengan cara meletakkannya tidak pada tempatnya, tidak sesuai dengan apa yang telah dipahami, disampaikan dan diamalkan oleh generasi as-salafush shalih.
      sadarlah sebelum terlambat !!!!!!!!!

    • Apakah begitu muatan khuruj itu ?

  7. bismillah.
    agama adalah nasihat.
    menjalaninya harus dengan ketaatan.
    taat dengan yg rasulullah saw perintahkan
    dan taat dengan yg rasulullah saw larangkan.

    dakwah adalah ranah ibadah
    tentunya supaya ibadah kita diterima Allah SWT
    kita harus iklash ketika melakukannya
    dan tentunya sesuai dengan kaifiyah/tata cara yg rasulullah saw ajarkan [i’tiba]

    bentuk kecintaan seorang muslim kepada saudaranya salah satunya adalah memberi nasihat, ketika diketahui saudaranya berbuat salah, dilihat dari kacamata syariah tentunya.

    sesungguhnya kesombongan itu menolak kebenaran.
    bukankah iblis durhaka kepada Allah SWT karena kesombongannya menolak kebenaran yg diajarkan dan diperintahkan Allah SWT?

    saudaraku, beragama bukan dengan hawa nafsu, namun berdasar wahyu/dalil yg Allah sampaikan kepada rasulNya, saw.

    adakah seseorang merasa aman dengan kata2 dan perbuatannya, sementara dikanan kirinya malaikat mencatat apa yg telah dilakukannya?

    itakillah, sesungguhnya balasan sesuai dengan amalan.

    • Betul sekali ! Demikianlah seharusnya sikap seorang Muslim. Bukan duduk kumpul mengelilingi Ustadz untuk disuapi ” ceramah-ceramah ” , manut-manut tanpa kritik dan tanpa dikembalikan kepada dasar Al Qur’an dan HAdist

  8. anda JT bertaqlid dengan guru yg hanya mngandalkan dengan impian…..dakwah adalah pekerjaan mulia tp coba deh ambil pemahaman yg sesuai alquran dan hadist……

  9. Astaghfirullah hal adzim, ya Allah hanya Engkaulah Yang Maha Mengetahui, tiada Tuhan selain Engkau, tunjukkanlah kami jalan yang lurus yang menuju keridhoan-Mu, jika kami saudara muslim berselisih maka berilah kami petunjuk agar mereka saudara muslim berdamai.
    ya Allah segala puji bagi Engkau, engkaulah pemilik kebenaran, kami hanya hamba yang banyak berbuat dosa dan salah, maafkanlah kami, berilah petunjuk dan hidayah pada kami, keluarga kami, saudara-saudara kami, karena hanya Engkaulah Yang Berkuasa atas kami.

  10. komentar saya gtdk di tampilkan…….????

  11. Hasrul.H (@RuLBuntu)

    Berdakwah itu baik, bardakwah tanpa ilmu adalah menyebar kesesatan..

  12. INI SALAH SATU BUKTI KEJAHILAN JT TERHADAP ILMU AGAMA

    DARI BEBERAPA KOMENTAR YG SAYA IKUTI, SAMPAI SEKARANG, TIDAK ADA BANTAHAN MEREKA YANG DI LANDASKAN DENGAN AL-QURAN ATAUPUN HADITS

    APAKAH MUNGKIN JT ADALAH GOLONGAN YG BENAR NAMUN TIDAK MAU MENJADIKAN AL-QURAN DAN SUNNAH SEBAGAI PENENGAH SETIAP MASALAH???

  13. Semoga anda diberi hidayah oleh Allah SWT

  14. Semoga anda diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga anda tdk menghina jamaah tabligh lagi yach…makanya antum rsakan dulu apa yg dirasakan jamaah tablig ketika khuruj…dicoba tiga hari dulu…jangan hanya dirumah terus tinggalnya skali2 keluar rumah lihatlah keadaan rumah kita dari luar nanti akan kelihatan apakah masih berdiri tegak atau sdh miring…

  15. sya pernah mendengar perkataan salah satu mubayyin (penceramah )mereka , mengatakan ,”tidak ada lagi jalan untuk mengusahakan iman kecuali dgn cra keluar di jalan Allah ,yaitu 3hr untk 1bln ,40hr utk 1th dan 4bln utk seumur hidup”
    apakah benar seperti itu ??
    mhon pnjelasan yg bijak ,

  16. … Dulu aku Anti Tentang Khuruj … Setelah Mendapatkan Hidayah tentunya Dari Allah …
    Aku Menangis Bila Perlu Menangis Darah dan Nanah . . . ‘
    Apa yang disangka sangka Oleh Tetangga , Teman atau Tetangga … Itu Bohong Besar

    … Bagi Aku Orang Khuruj orang Penyampai Berita Bahagia Baik Di dunia Maupun Di Akherat nanti …
    Aku suka Khuruj …

    • Bertaubatlah kepada Allah,,
      Tinggalkanlah kesesatan jama’ah tabligh…
      Ikutilah jalan kebenaran, jalan yang ditempuh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan para sahabat beliau.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: