APA ITU SALAF ? (DEFINISI SALAF)

Secara bahasa (etimologi), salaf artinya yang terdahulu, yang lebih tua dan lebih utama. (Lisanul ‘Arab [VI/331] karya Ibnu Manzhur [wafat tahun 711 H]).

Secara istilah (terminologi), kata salaf berarti generasi pertama dan terbaik dari ummat (Islam) ini, yang terdiri dari para Sahabat, Tabi’in, Tabi’ut Tabi’in dan para Imam pembawa petunjuk pada tiga generasi pertama yang dimuliakan Allah, sebagaimana sabda Rasulullah: “Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para Sahabat), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi’in), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi’ut Tabi’in).” (Muttafaq ‘alaihi. HR. Al-Bukhari [no. 2652] dan Muslim [no. 2533 (212)], dari sahabat Abdullah bin Mas’ud).

Menurut al-Qalsyani: “Salafush Shalih adalah generasi pertama dari ummat ini yang pemahaman ilmunya sangat dalam, yang mengikuti petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan menjaga Sunnahnya. Allah memilih mereka untuk menemani Nabi-Nya Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan menegakkan agama-Nya…” (Al-Mufassiruun bainat Ta’wiil wal Itsbaat fii Aayatish Shifaat [I/11]).

Syaikh Mahmud Ahmad Khafaji berkata di dalam kitabnya, al-‘Aqiidatul Islamiyyah bainas Salafiyyah wal Mu’tazilah: “Siapa saja yang pendapatnya sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah mengenai ‘aqidah hukum dan suluknya menurut pemahaman Salaf, maka ia disebut Salafi meskipun tempatnya jauh dan berbeda masanya (waktunya). Sebaliknya, siapa saja pendapatnya menyalahi al-Qur’an dan as-Sunnah, maka ia bukan seorang Salafi meskipun ia hidup pada zaman Sahabat, Tabi’in dan Tabi’ut Tabi’in.

Penisbatan kata Salaf atau as-Salafiyyuun bukanlah termasuk perkara bid’ah, akan tetapi penisbatan ini adalah penisbatan yang syar’i karena menisbatkan diri kepada generasi pertama dari ummat ini, yaitu para Sahabat, Tabi’in dan Tabi’ut Tabi’in.

Ahlus Sunnah wal Jama’ah dikatakan juga as-Salafiyyuun karena mereka mengikuti manhaj Salafush Shalih (Sahabat, Tabi’in, dan Tabi’ut Tabi’in). Kemudian setiap orang yang mengikuti jejak mereka serta berjalan berdasarkan manhaj mereka –di sepanjang masa (waktu)- mereka ini disebut Salafi, karena dinisbatkan kepada Salaf. Salaf merupakan manhaj (sistem hidup dalam ber’aqidah, beribadah, berhukum, berakhlak dan yang lainnya) yang wajib diketahui setiap Muslim. Jadi, pengertian Salaf dinisbatkan kepada orang yang menjaga keselamatan ‘aqidah dan manhaj menurut apa yang dilaksanakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan para Sahabat Radhiyallahu ‘anhum sebelum terjadinya perselisihan dan perpecahan. (Mauqif Ahlis Sunnah wal Jama’ah min Ahlil Ahwaa’ wal Bida’ [I/63-64] karya Syaikh Dr. Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah (wafat th. 728 H) berkata: “Bukanlah merupakan aib bagi orang yang menampakkan manhaj Salaf dan menisbatkan dirinya kepada Salaf, bahkan wajib menerima yang demikian itu karena manhaj Salaf tidak lain kecuali kebenaran.” (Majmu’ Fataawaa Syaikhil Islam Ibni Taimiyyah (IV/149]).

Catatan: Tulisan ini bersumber dari buku “Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah” tulisan Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, penerbit Pustaka Imam asy-Syafi’i, dengan sedikit perubahan.

Disusun oleh: Abu Aslam Benny bin Syahmir Marbawi

Artikel Lainnya :

Buya Hamka Bercerita Tentang Wahabi

Kebaikan-Kebaikan Kerajaan Arab Saudi

Siapakah Rasul Yang Pertama?

Dakwah Wahhabi di Ranah Minang: Sejarah Islam Minangkabau (Bagian 1)

Gerakan Paderi dan Semangat Belajar Agama: Sejarah Islam Minangkabau (Bagian 2)

Betapa Mulianya Akhlak Teladan Kita, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

Dampak Buruk “Khuruj dan Pengembaraan Jama’ah Tabligh”

Kapan Disebut Sebagai Ahli Bid’ah?

Perbedaan Antara Iblis, Jin dan Syaithan

Bagaimana Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Bersikap Kepada Musuhnya

Orang Kafir pun Diberi Gelar ‘Wahhabi’

Celaan Ulama Terhadap Ilmu Kalam

Kitab-Kitab Tafsir

—–

ArtikelMuslim Sumbar

Like: Page Muslim Sumbar, Page Abu Aslam

Bersihkan Sumatera Barat Dari Syi’ah

Posted on April 5, 2011, in MANHAJ and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: