Dampak Buruk “Khuruj Dan Pengembaraan Jama’ah Tabligh”

Salah satu ciri Jama’ah Tabligh adalah tabligh jama’i atau mereka namakan dengan istilah “khuruj” dan dalam bahasa Indonesia dinamakan dengan istilah “keluar”1. Ini merupakan sebuah pondasi Jama’ah Tabligh yang berasal dari mimpi pendiri Jama’ah Tabligh yang bernama Muhammad Ilyas. Oleh karena itu anggota Jama’ah Tabligh sangat mengagungkan “khuruj” ini sehingga menganggapnya sebagai jihad akbar dan berdalil dengan ayat-ayat dan hadits-hadits tentang jihad fi sabilillah. Lalu mereka menentukan bilangan hari untuk khuruj, mulai dari tiga hari, empat puluh hari, empat bulan, bahkan setahun.2

Syaikh Saifurrahman bin Ahmad ad-Dahlawi berkata: “Berkenaan dengan kerja tabligh jama’i (khuruj), mereka mengatakan bahwa hal tersebut merupakan jihad akbar. Bahkan mereka membenci kerja dakwah yang tidak sesuai dengan kerja dakwah mereka. Di dalam halaqah-halaqah khusus, mereka melarang masyarakat berdakwah kepada agama Allah, berdakwah kepada al-Qur’an dan Sunnah.3 Kecuali dakwah yang sesuai pokok-pokok dasar, ajaran dan manhaj jama’ah mereka dan masih dalam koridor hikayat-hikayat, cerita-cerita mimpi dan fadhail yang sejalan dengan aqidah dan khurafat mereka.4 Sikap mereka terhadap khuruj berjama’ah ini sangat berlebih-lebihan, sehingga melampaui batas kewajaran yang sulit untuk dijelaskan lewat kata-kata.5

Syaikh Saifurrahman melanjutkan: “Salah satu ciri khas jama’ah ini ialah mereka meyakini bahwa siapa saja yang keluar bersama mereka dalam kerja dakwah berjama’ah ini, berarti ia telah melakukan jihad yang besar bahkan akbar. Mereka beranggapan bahwa keluar bersama mereka dalam kerja berjama’ah ini lebih afdhal dari pada berjuang dengan pedang dan pena, lebih afdhal dari pada memerangi musuh Allah dan Rasul-Nya dan lebih afdhal dari pada menjaga kemurnian Islam dan keutuhan kaum muslimin. Siapa saja yang melakukannya, berarti ia telah melakukan Sunnah para Nabi dan Rasul, telah melaksanakan Sunnah sayidul mursalin Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan juga berarti ia telah keluar berperang dalam medan pertempuran seperti yang telah dilakukan para Sahabat Radhiyallahu ‘anhum ajma’in.6

Bukti yang menguatkan adalah pernyataan dari seorang ulama dan penuntut ilmu pada masa peperangan jihad Afghanistan melawan komunis. Ketika itu Jama’ah Tabligh mendatangi pos-pos mereka untuk mengajak khuruj bersama Jama’ah Tabligh.7

Aneh…! Orang lagi jihad, malah diajak khuruj…!

Akibat dari “khuruj” Jama’ah Tabligh ini, sebagian keluarga Jama’ah Tabligh banyak yang terlantar. Kebutuhan hidup istri dan anak diabaikan. Bahkan sebagian anak Jama’ah Tabligh mengalami kendala dalam belajar di sekolah karena kurangnya perhatian dari orang tua. Seharusnya yang mereka lakukan adalah menunaikan kewajiban yang berkaitan dengan keluarga mereka. Mendidik keluarga dengan kebaikan, mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga dan melakukan bentuk kebaikan lainnya.

Allahu a’lam.

Semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita kepada jalan yang benar dan menghindarkan kita dari kesesatan.

Disusun oleh Abu Aslam bin Syahmir

Footnote:

  1. Dalam bahasa minang dikenal dengan istilah “kalua”.
  2. Buku “Jama’ah-Jama’ah Islam (2)” halaman 288.
  3. Hal ini telah dialami oleh Syaikh Muhammad Nasib ar-Rifa’i ketika menyampaikan beberapa kalimat tentang aqidah di markas Jama’ah Tabligh. Mereka menyerang beliau bahkan mengeluarkan beliau dari markas tersebut dan berbuat yang tidak baik terhadapnya.
  4. Di sebuah Mushalla (Masjid kecil) yang ada di suatu daerah di kota Padang, seorang jama’ah tabligh pernah mencela dakwah yang dilakukan para da’i dan muballigh. Dia mengatakan bahwa cara dakwah yang benar adalah dakwah gaya Jama’ah Tabligh, adapun selain itu bukanlah dakwah. Inilah akibat kebodohan dalam ilmu agama. Ketika seorang yang bodoh bicara agama, maka akan keluar perkataan yang aneh-aneh.
  5. Buku “Jama’ah-Jama’ah Islam (2)” halaman 289.
  6. Buku “Jama’ah-Jama’ah Islam (2)” halaman 289-290.
  7. Buku “Jama’ah-Jama’ah Islam (2)”, catatan kaki halaman 290.

—–

ArtikelMuslim Sumbar

Follow: Page Muslim Sumbar

Iklan

Posted on Oktober 30, 2012, in FIRQAH and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 103 Komentar.

  1. saya rasa yang menulis ini bukanlah golongan rasulullah,,,
    karena ciri umat rasulullah tidak akan mnghujat,menghina palagi menjatuhkan saudara muslim,,,
    karena jama’ah tabligh tidak menyebarkan aqidah yang salah seperti layaknya syi’ah dan ahmadiyah,,,
    dan jama’ah tabligh cinta akan ukhuwah islamiyah,,

    • Mudah-mudahan penulis termasuk ke dalam golongan Rasulullah. Semoga Allah memasukkan penulis ke dalam golongan Rasulullah, karena penulis mencintai Allah dan Rasul-Nya, penulis juga mencintai para sahabat Nabi.

      Rahmad mengatakan: karena jama’ah tabligh tidak menyebarkan aqidah yang salah seperti layaknya syi’ah dan ahmadiyah,,,

      Tanggapan: Iya benar… Jama’ah tabligh tidak menyebarkan aqidah yang sama dengan syi’ah dan ahmadiyah, akan tetapi jama’ah tabligh mempunyai kesesatan tersendiri. Tidak diragukan lagi kesesatan jama’ah tabligh yang didirikan oleh Muhammad Ilyas.

      Rahmad mengatakan: dan jama’ah tabligh cinta akan ukhuwah islamiyah,,

      Tanggapan: Pernyataan Akhi Rahmad perlu ditinjau kembali. Apakah benar jama’ah tabligh cinta ukhuwah islamiyah? Atau jangan-jangan jama’ah tabligh hanya menjalin persaudaraan dengan orang-orang yang tidak mengkritik bid’ah mereka dan memusuhi orang-orang yang mengkritik mereka/menasehati mereka.

      Allahu a’lam. Barakallahu fiik…

      • Mengapa begitu mudahnya makhluk mengatakan suatu jem’ah Sesat??
        sedang dizaman Rasul, ketika ditanya satu perkara oleh Rasul, walaupun sahabat sudah tahu jawabanya, tapi para sahabat mengatakan “hanya Allah dan RasulNYA lah yang Tahu”

        Allah akan bantu orang2 yang berjalan dijalan Allah. yakinlah dengan Kalimat ” Lailah hailallah muhammadur rasulullah”

      • Kesesatan jama’ah tabligh sudah jelas…
        Jadi tidak perlu lagi ragu untuk menyatakan kesesatan mereka.

    • Pak JT

      Klo mau khuruj, tolong jaga kebersihan!!!!

      Dan jangan banyak ngolor di masjid!!!

      Dan tolong penuhi kebutuhan istri dan anak dulu baru khuruj!!!

      Dan tolong pelajari cara shalat sesuai sunnah dulu baru ber dakwah!!!

      Dahulukan dakwah tauhid, karena itu adalah Haq Allah yang paling utama!!

  2. kpda sauadara muslim.. antum mengatakan kalau itu sesat,, antum tau dr mana ? dan yang termasuk kesesatan tuh yg mana ? coba antum jelaskan secara detail ?

    sukron…

    • Kita mengetahui kesesatan suatu kelompok adalah dengan timbangan al-Qur’an dan as-Sunnah. Jika sebuah kelompok melenceng dari al-Qur’an dan as-Sunnah maka tidak diragukan lagi kesesatannya.

    • JT menolak banyak hadits Nabi yang sahih dan banyak memakai hadits yang LEMAH DAN PALSU itulah bukti kesesatan mereka!!!

      DAN YANG PALING MEMBEKAS DIHATI SAYA
      Mereka mencela ilmu agama padahal itu adalah wasiat Rasulullah Sallallahu ‘aiahi wasallam…
      Dan mereka melakukan itu tepat di depan mata saya!!!

      MASIH BELUM JELASKAH KESESATANNYA?

  3. bhanallah apa yg diuraikan pd literatur diatas , wallahi demikianlah sebenarnya jamaah tablig
    Dengan berharap dapat mengetahui bagaimana beribadah yang benar sesuai Sunnah Rasulullah, kami ikut JT.
    Suami tiap th khuruj 4 bln IPB (7 kali) ,hidmat di Nizamudin , 4 bln negri jauh (Amerika). Masturoh 2 bln ke IP , dibai’at di Nizamudin (oleh maulana Inamul Hasan). Makin banyak syubhat yg saya dapatkan ,saya tanya disurat apa atau dihadist mana perintah khuruj itu ? bukannya jawaban yg kami dapatkan tapi kemarahan (pasti tidak dapat menyebutkan dalil krn memang ini adl da’wah ala maulana Ilyas).
    Niat baik dan semangat saja tidaklah cukup, tapi harus dimulai dengan mencari ilmunya sebelum kita beramal.
    Seyogianya seorang mu’min itu tidak sekedar berbicara , berpendapat tanpa dasar , apalagi urusan AGAMA .
    Take time untuk membaca , belajar merenungi , ukur capasitas diri .Kalau tidak paham , lebih baik bertanya , lebih banyak lagi mengkaji kitab-kitab para ulama salaf (para sahabat Rasulullah ,tabi’in , tabi’ut tabi’in dan yang mengikuti mereka) menelaah bagaimana pemahaman mereka , bagaimana praktek mereka , sehingga kita tidak tergelicir dalam memberikan pandangan yang menyesatkan dan berlepas diri dari apa yang mereka amalkan.
    Allah berfirman :”…. Diantara hamba-hamba Allah yang paling takut kepada-Nya hanyalah para ulama…. (Al Fathir 28) .
    Semakin berilmu…mereka akan semakin takut pada Allah…..mereka akan semakin tawadhu…..mereka akan semakin berhati-hati dalam menggunakan lisannya….menjaga tangannya menjaga hatinya…semoga Allah memasukkan kita menjadi seorang diantaranya , amin .
    Terkadang….bila membaca dan menganalisa perkataan ulama, tulisan para ulama, fatwa ulama, ulasan para tholabul ilmi yang sangat jelas (clear like crytal clear) jadi bertanya-tanya…..Kalaulah mereka saja tidak mampu meyakinkan dan memberikan penjelasan yang memuaskan ….apalagi artinya hamba yg dhoif ini dibanding dengan mereka.
    Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah, wahai saudaraku. Jangan mengkhianati Allah, Rasulullah, Al-Qur’an dan kaum muslimin. Jangan kita menipu orang awam. Jangan mengukur urusan apapun semata-mata hanya dengan perasaan kita, sebab dienullah sangat terang benderang, malamnya sebagaimana siangnya, tidak akan ada yang menyimpang darinya sepeninggal beliau shalallalahu ‘alaihi wa sallam melainkan orang yang pasti binasa.
    Allah telah menyempurnakan dien-Nya, termasuk dalam hal ini ialah jalan dakwah. Ini merupakan perkara tauqifi, harus atas petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih. Sedangkan apa yang tidak sesuai dengannya, maka ia adalah bid’ah dan kesesatan, sekalipun namanya dipoles dengan apa saja dan biarpun memamerkan berjuta dalih. Apakah kita tega untuk menyatakan sesat orang yg memang telah disesatkan oleh para ulama kaum muslimin ?? apakah kita tetap lebih mendahulukan “perasaan kita” dr pd “ilmu” yg menerangkan siapa mereka sebenarnya??.Apakah kita ragu untuk membela Agama Allah dari kerusakkan yg mereka lakukan??Ataukah kita malah menyalahkan orang yg menerangkan tentang kesesatan mereka??
    Yuuuu belajar masalah agama,masalah tauhid,syirik,sunnah ,bid’ah ,sirah nabawiyah yg shahih dst .
    semoga Allah memberikan hidayah kepada kita .semoga Allah mengampuni kita dan menuntun kita diatas Al-Haq
    Wallahi tidak ada niat kami selain mengingatkan kami dan juga anda sekalian jangan sampai sesat dan menyesatkan

    • Subhanallah suaminya…
      harusnya bersyukur mbak punya suami sibuk dijln ALLAH, drpd Allah kasih anda suami sibuk kediskotik.. tobat dan bersyukur.istiqomah aja.Jgn sampe kebaikan itu diambil Allah..

      • Ya…
        Tentunya seorang wanita bersyukur jika suaminya sibuk di jalan Allah.
        Akan tetapi jika seorang suami berada di atas jalan jama’ah tabligh, maka ini adalah musibah!!!
        Jama’ah tabligh adalah firqah sesat dan menyesatkan.

  4. ajakan ummi hanif patut disambut dg lapang dada.. ayu kita kita belajar agama, masalah tauhid, syirik, sunnah, bid’ah, sirah nabawiyah yg shohih.dst…dan mempraktekanya dlm kehidupan sehari-hari.

  5. orang low mau berdakwah, belajar dulu yg mateng b aru di ajarkan
    biar g salah artikan buat masyarakat awam

  6. Pertama, buat penulis, Namanya bukan JT, INGAATT.
    Sekarang ini, apa dasar anda untk mengatakan dakwah yg di lakukan org tersebut sesat ?
    Ingat untk mengatakan suatu kelmp. Sesat, anda harus punya ilmu nya,,
    untk saat ini tiada yg tau mana yg benar dan mana yg salah, Semoga penulis mendapatkan hidayah dan yg berkomentar pedas terhadap kaum tersebut..

    • Dasar untuk menyatakan kesesatan Jama’ah Tabligh adalah al-Qur’an dan as-Sunnah.
      Siapa saja yang menyelisihi al-Qur’an, Sunnah Rasulullah, dan Sunnah para Sahabat, maka tidak diragukan lagi kesesatannya.

      Dan Jama’ah Tabligh termasuk kaum/kelompok/firqah yang menyelisihi al-Qur’an, Sunnah Rasulullah, dan Sunnah para Sahabat.
      Mengatakan kesesatan untuk kelompok Jama’ah Tabligh didasarkan dari ilmu. Dan didasarkan atas keyakinan dari al-Qur’an dan as-Sunnah.

      Anda mengatakan: “untk saat ini tiada yg tau mana yg benar dan mana yg salah.”
      Kami menjawab: Orang yang tidak bisa membedakan kebenaran dan kesalahan adalah orang dijangkiti penyakit kebodohan.

      Allahu a’lam.

      Semoga Anda diberikan hidayah kepada jalan kebenaran…

  7. dakwah koq diinternet, bikin buku, eh mlh dengerin radio ‘Bid’ah itu hehe… gmn klo ga ada listrik… kasian benar yah… saya bingung siapa yg bodoh dan yg tidak sunnah… ?

  8. Apakah berdakwah itu dengan cara memfinah???
    Aneh betul fikiran anda

    • Berdakwah bukanlah dengan cara memfitnah.

      Berdakwah adalah menyeru kepada jalan Allah. Berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah yang shahih. Menjelaskan jalan kebenaran dan memperingatkan dari jalan kesesatan.
      Dan menjelaskan kesesatan suatu kelompok adalah termasuk ke dalam dakwah, agar kaum muslimin tidak terjerumus dalam kesesatan.

  9. jangan saling menghujat, sesama muslim, lihat diri…apakah sdh berbuat untuk agama ini, lihat sekitar kita..masih banyak yg harus diperbuat…bersatulah untuk kejayaaan islam…..

  10. Kejayaan islam dapat tercapai dengan bersatu dalam pemahaman yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah

  11. sudah berapa ribu kah hadist yg anda hapal dan amal kemudian anda smpaikan,,,,klo jaamah ini sesat manamungkin nusrohtullah datang,,,,sdah brpa bnyak orang yg mndpat berkah salah satunya saya,,,,

  12. inilah contoh orang pintar tapi ga mau keluar di jalan allah, biarin, toh masyarakat sudah pandai menilai, berbondong2 orang mulai mengikuti upaya dakwah. allhamdulillah di jambi baru2 ini 80 anggota kepolisian sudah mengabdikan diri dalam usaha dakwa

  13. kasihan ni orang, maksain bener jamaah tabligh sesat, toh anjing mengonggong kafilah tetap berlalu. 3 hari dulu supaya mengerti.

    • Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu, akan tetapi Jama’ah Tabligh tetap dalam kesesatannya.
      Mereka akan tetap dalam kesesatannya sampai mereka kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman sahabat (salafush shalih).

  14. saya bukan peramal, tapi lihat aja 5-10 tahun lg kiprah jamaah tabligh akan semakin besar, karena 10 tahun yang lalu saya lihat jt masih kelompok kecil di kota saya, wah pastinya akan membuat suram wajah orang munafik

  15. Engkau yang mengaku cintai pada rasul mu, engkau yang mengakui penerus sahabat, tapi mana cinta mu, tak kau rasai derita nabimu menelusuri lorong dikota mekkah, ketuk pintu abu lahab kena caci, ketuk pintu abu jahal kena maki, baju lusuh hingga fatimah menangis, sudahlah ayah untuk apa bersusah payah. tapi engkau lewat radio pakai ac,lewat internet pake musik. Kau sesatkan orang yang ingin hidupkan usaha nabimu. engkau bilang mau mirip sahabat, engkau masalahkan 3 hari, 40 hari, 4 bulan, padalahal sahabat banyak yang tak kembali. Jangan engkau kira mereka tak punya istri.

    • Kalau ingin berkomentar, hendaklah dengan komentar ilmiah, jangan asal ngoceh dan asbun (asal bunyi).
      Bagusnya akhy Ahmad belajar ilmu syar’i. Hendaklah mendatangi majelis ilmu dan jauhilah jama’ah tabligh.
      Khuruj jama’ah tabligh adalah khuruj bid’ah yang tidak dicontohkan Nabi dan Sahabatnya, akan tetapi berasal dari mimpi pendiri jama’ah tabligh Maulana Ilyas.
      Pahami ini baik-baik.

      Berdakwah lewat radio dan internet merupakan sarana dalam berdakwah. Ini bukanlah tercela. Bahkan ulama masa kini menggunakan radio dan internet dalam berdakwah.

      Berbeda dengan jama’ah tabligh, mereka menjadikan “khuruj” bagian dari agama dan ibadah mereka. Tidaklah dikatakan jama’ah tabligh, kecuali melakukan khuruj. Semakin sering dan semakin jauh khurujnya, maka semakin tinggi derajatnya di kalangan jama’ah tabligh. Mereka menambah-nambah ajaran agama dengan menambahkan ibadah khuruj ke dalam agama mereka.
      Menambah-nambah agama dan menambah-nambah ajaran Rasulullah merupakan bid’ah. Semua bid’ah adalah sesat. Dan kesesatan terancam neraka.
      Ini adalah salah satu kesesatan jama’ah tabligh, ditambah lagi jauhnya mereka dari ilmu dan majelis ilmu, dikarenakan mereka sibuk dengan bid’ah mereka mereka.

      Semoga Allah menunjuki kita dan mereka.
      Wallahu a’lam bish-shawab.

  16. ini orang kalo hidup di zaman nabi ibrahim, pasti pada protes, kok tinggalin istri sama anak di padang pasir, pulang2 anak sudah gede kok mau disembelih, bro usaha agama dan dakwa itu butuh banyak pengorbanan, ayah berdakwa, istri jadi terlibat, anak ditinggal tapi dari situlah akan tercipta keluarga yang kuat, sehingga setiap musibah mereka mampu mengatakan “isyaallah kami termasuk orang yang sabar”. orang2 seperti inilah yang paling siap disuruh merangkak diatas es. Saya terkesan dengan gambar kompor dan wajan yang dicantumkan, itu benda berharga suatu saat nanti saudara akan tau betapa berharganya benda itu bagi orang yang dalam berjalanan agama, setidak-tidaknya itulah lambang kemandirian, ketidak inginan menyusahkan orang lain.

    • Bismillah,
      Nabi Ibrahim merupakan Nabi yang mulia. Beliau termasuk Rasul Ulul Azmi. Beliau dibimbing oleh Allah dengan wahyu dari-Nya.

      Sedangkan jama’ah tabligh tidak berdasarkan wahyu Allah, tapi berdasarkan pemikiran Maulana Ilyas.

      • Mudah mudahan bapak termasuk orang yang ahli mesjid atau selalu shalat fardu tepat waktu d mesjid…amin y allah.

  17. Kalau maulana ilyas sekarang hidup, lalu melarang ana: jangan lakukan dakwah yang seperti yang aku lakukan, maka ana akan tinggalkan maulana ilyas, dan tetap menjalankan dakwah. ini bukan lagi mengenai maulana ilyas dia hanya sebagai pemikir awal, toh maulana ilyas juga seorang hafiz al guran, dan faham hadist, maulana ilyas hanya yang memulai,kami tidak mengikuti maulana ilyas tapi kami hanya menjalankan dakwa kebetulan saja maulana ilyas yang di india sebagai pemula, dak ada kaitan dengan segala macam mimpi, toh yang menjadi contoh utama tetap saja para rosul, sahabat, yang jadi pegangan alguran dan hadist, maunya ana para ulama arab yang harusnya menjadi ujung tombak usaha ini, tapi inilah kalo orang makan kekenyangan jadi malas mikir. toh jamaah tabligh tidak akan bisa dihentikan saya faham benar, mereka selalu risau kalau agama tak maju, sebagaimana risaunya nabi kita, toh kalaulah ada manusia di bulan, mereka pasti akan kirim para da,inya kesana, sedangkan antum sudahkah sekedar datang ketetangga depan rumah. dan ini sebagai penutup dari ana bila antum masih berpikir jamaah tabligh sesat maka berdoalah seperti ini: ya allah,bila jamaah tabligh sesat maka hancurkanlah mereka sehancur-hancurnya agar jangan menyesatkan orang banyak, tetapi apabila mereka benar maka jadikan aku bagian dari usaha mereka. dan terakhir ana hanya sekedar kasih saran sebaiknya hapus tulisan ini. akan baik bagi antum nanti apabila menghadapi pengadilan allah, karena peringatan sudah disampaikan kepada antum. dan jangan salahkan orang lain dengan mengatakan: SESUNGGUHNYA SEWAKTU DIDUNIA TIDAK ADA YANG MEMBERI KAMI PERINGATAN.

    • Barakallahu fiik.
      Semoga Allah memberikan petunjuk kepada Siti…

      (I)
      Siti mengatakan:
      Kalau maulana ilyas sekarang hidup, lalu melarang ana: jangan lakukan dakwah yang seperti yang aku lakukan, maka ana akan tinggalkan maulana ilyas, dan tetap menjalankan dakwah.

      Tanggapan kami:
      Tinggalkanlah pemahaman tabligh yang sesat, yang berasal dari mimpi Maulana Ilyas. Ibadah “khuruj” Jama’ah Tabligh berasal dari mimpi Maulana Ilyas. Bukan berasal dari al-Qur’an dan as-Sunnah.

      (II)
      Siti mengatakan:
      ini bukan lagi mengenai maulana ilyas dia hanya sebagai pemikir awal, toh maulana ilyas juga seorang hafiz al guran, dan faham hadist, maulana ilyas hanya yang memulai, kami tidak mengikuti maulana ilyas tapi kami hanya menjalankan dakwa kebetulan saja maulana ilyas yang di india sebagai pemula, dak ada kaitan dengan segala macam mimpi,

      Tanggapan kami:
      Iya, Maulana Ilyas yang memulai. Kemudian diikuti oleh anggota jama’ah tabligh. BUKAN KEBETULAN.
      Jama’ah tabligh “khuruj” di jalan Ilyas, bukan di jalan yang ditempuh Rasulullah dan sahabatnya. Ibadah “khuruj” berkaitan dan berasal dengan mimpi Maulana Ilyas. Pahami ini!!!

      (III)
      Siti mengatakan:
      toh yang menjadi contoh utama tetap saja para rosul, sahabat, yang jadi pegangan alguran dan hadist,

      Tanggapan kami:
      Inilah yang seharusnya anda lakukan!!!
      Hendaklah anda mencontoh Rasulullah dan sahabatnya, Tabi’in dan para ulama Ahli sunnah.
      Berpikirlah dengan dada yang lapang, bacalah sirah Rasulullah, sirah sahabat, perjalanan hidup tabi’in, perjalanan hidup ulama, bacalah perjalanan hidup Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam asy-Syafi’i, Imam Ahmad bin Hanbal. Pernahkah mereka melakukan ibadah “khuruj” seperti jama’ah tabligh?
      Para para sahabat dan ulama menuntut ilmu, kemudian mengajarkan al-Qur’an dan as-Sunnah kepada umat. Pernahkah jama’ah tabligh mengikuti perjalanan mereka?
      Akan tetapi yang dilakukan jama’ah tabligh adalah “khuruj” dan “khuruj”. Tidak menghadiri majelis ilmu yang diajarkan di dalamnya al-Qur’an dan as-Sunnah. Tidak menghadiri pelajaran Aqidah ahli sunnah, pelajaran Manhaj ahli sunnah, pelajaran Fiqih, pelajaran halal dan haram, dan lain sebagainya.
      Jama’ah tabligh “khuruj” kemudian mereka berdakwah, apa yang mereka dakwahkah? Sudahkah mereka belajar Aqidah, Manhaj, Fiqih dan lainnya? Ilmu apa yang mereka dakwahkan?
      ORANG YANG TIDAK PUNYA—>TIDAK AKAN BISA MEMBERI…
      Pikirkanlah orang yang berakal…

      (IV)
      Siti mengatakan:
      dan terakhir ana hanya sekedar kasih saran sebaiknya hapus tulisan ini. akan baik bagi antum nanti apabila menghadapi pengadilan allah, karena peringatan sudah disampaikan kepada antum. dan jangan salahkan orang lain dengan mengatakan: SESUNGGUHNYA SEWAKTU DIDUNIA TIDAK ADA YANG MEMBERI KAMI PERINGATAN.

      Tanggapan kami:
      KAMI NASEHATI AGAR Siti BERTAUBAT KEPADA ALLAH, BERTAUBAT DARI KESESATAN JAMA’AH TABLIGH.
      Jangan sampai terlambat!!!
      SUNNGUH KAMI TELAH MEMBERIKAN NASEHAT DAN PERINGATAN…
      Jangan salahkan orang lain dengan mengatakan: SESUNGGUHNYA TIDAK ADA YANG MEMBERI KAMI PERINGATAN!!!

  18. Kelemahan terbesar dari sebagain besar manusia (karkun/masturoh) adalah malas belajar dengan baik.
    sering membaca tulisan tulisan para tholabul ilmy ataupun artikel artikel dari para ulama . Biasanya kalau tulisan tersebut mengenai bantahan bantahan dan nasehat buat para mereka ahlul bid’ah dan ahlul ahwa.. pastilah ada komentar komentar menyertai tulisannya…Menelusuri komentar komentar tersebut….. Subhanallah terkadang tidak habis fikir mengapa manusia begitu mudahnya mengotori tangan tangan mereka hanya sekedar untuk berkomentar tanpa pemikiran ilmiah dan bermanfaat. Ini seperti membuka aib bagi dirinya sendiri, mempermalukan dirinya sendiri dan mengumumkan pada dunia alangkah jahil, bodoh dan naïf dirinya
    -Terkadang diri ini perlu berdiri di depan cermin dan merenungi diri, Apakah patut seorang hamba yang masih sangat lemah tidak menguasai ilmu ushool of deen, paham bahasa arab saja cuma satu dua … tapi merasa cukup pintar memberikan komentar terhadap para ulama kibar.. terhadap para tholabul ilmy…tanpa rasa sungkan dan malu.Melihat mereka yang berbicara tanpa ilmu di bandingkan mereka yang berbicara dengan ilmu seperti melihat jauhnya langit dan bumi, perbedaan yang sangat kontras
    Hawa nafsu telah membutakan sehingga menghalangi mereka dari mengikuti jejak generasi yang telah dipuji oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai barometer kebenaran dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sikap seperti itu menggiring mereka untuk terus lebih mengedepankan logika ,mereka memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak dengan apa yang diajarkan dan diamalkan oleh generasi salaf ,menggunakan nash-nash Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai tameng untuk melindungi penyimpangan dan kesesatan mereka. Dengan cara meletakkannya tidak pada tempatnya, tidak sesuai dengan apa yang telah dipahami, disampaikan dan diamalkan oleh generasi as-salafush shalih.

  19. Aku setuju dgn ulasan status (penulis) diats,itu memang kenyataannya,hanya orng jahil yg mau ngikut ajaran mreka

  20. cobain dulu baru k0mentar pa ulama .jangn mandang sebelah mata,ikut dulu 3 hari jangan dulu komentar kalo belum pernah ikutmah

  21. yang mengatakan khuruj sesat ,,dia telah memandang dngan sebelah mata,ingat jika anda pernah merasakan mengikuti khuruj pisabilillah,begitu bnyak hidayah dan rahmat alloh yang diberikan kpd kita,salah satunya disiplin solat berjamaah,dan meyakini tak ada yang lebih agung kecuali kebesaran alloh…dan saya harap jangan bilang sesat kpd jemaah khuruj .jika tidak setuju dngan keberadaanya ,diam saja jangan k0mentar yang tidak tidak .

  22. Afwan…

    Asslm…

    Kok ngeri gni yah ni blog, kelihatanya Ummat akhir jaman top markotop, tapi perdebatan ma ngehujat tetep jalan, Astagfirullah.. MuslimSumbar,,, Istighfar..

  23. USTADZ ARIFIN ILHAM JUGA IKUT JAMA’AH TABLIGH GAN

      • Yg saya tau. JT itu suka menyebarkan salam dan mengajak org lain utuk shalat brjamaah dimesjid &tepat waktu. Nah yg jd pertanyaan skrg.

        Klo ada org ngajak kpd org lain utk sama2 mendekat kan diri kpd Allah (Shalat). itu Anda katakan sesat., lalu bagaimana dgn mereka yg tdk mengajak org lain utk salat (tepat waktu, ditempat azan dikumandangkan, & berjamaah)??

        Tolong di jwb oleh anda (yg pny blog).

      • Berarti Saudara belum memahami kesesatan Jama’ah Tabligh.
        Silahkan mempelajari al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman yang benar, setelah itu timbanglah ajaran jama’ah tabligh.

  24. iya, ustadz arifin ilham ikut khuruj juga.. klik saja blognya ustadz arifin ilham. mudah2an Alloh swt menunjukkan jalan kebenaran untuk kita semua. aamiin ya Alloh

    • Musibah bagi beliau,,,
      Alangkah lebih baik keluar dari jama’ah tabligh…

    • saya juga pernah baca daftar orang berpengaruh di Indonesia yang jt, salah satunya mmg Beliau, kemudian salah satu pentolan di kepolisian RI dan bbrp pejabat kepolisian di bawahnya, selebihnya kebanyakan artis2. Waulahu’alam, awalnya jt kliatan sangat bagus sesuai Al Qur’an dan Sunnah Nabi SAW, sehingga bagi yang selama hidup tidak belajar Al Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman yang benar memang cenderung terkagum-kagum dengan dakwah jt, seakan akan bertemu dengan satu kelompok yang kesehariannya begitu menyejukkan hati, bahkan sampai akhirnya tergiring pada khuruj’……

      Mereka juga selalu mengutip ucapan Bin Baz yang mengatakan mereka adalah baik dan tidak sesat, tapi mereka menutupi ucapan Bin Baz pada kurun waktu berikut bahwa JT sesat, ketika Bin Baz kemudian mengetahui apa saja yang mereka lakukan’
      Jika ulama sekaliber Bin Baz saja terkecoh pada awalnya.

      Racun yang paling berbahaya selalu tampil dalam kemasan yang paling menarik dan nampak lezat.

  25. Syukurlah sejak bertemu jamaah, sudah mulai sholat fardu dimesjid, baca kitab hadist, rajin yassinan, ingin selalu berbuat baik (jaga ahlak kata ustad), inginnya masuk pesantren tapi kayaknya sih umur dah kelewatan, pelan-pelan aja kata ustad sambil belajar, yang penting jaga sholat, bayi aja di belum belajar ilmu sudah di disuruh sholat, buktinya tu diazani kan pas lahir.

    • Kasihani diri Akhy,,
      musibah bagi Akhy bertemu dengan jama’ah tabligh. Ana khawatir Akhy ditimpa penyakit kebodohan ketika bergabung dengan jama’ah tabligh.

      Akhy berkata:
      bayi aja di belum belajar ilmu sudah di disuruh sholat, buktinya tu diazani kan pas lahir.

      Tanggapan:
      Mengazankan bayi ketika lahir TIDAK disyariatkan.
      Coba baca ini.

  26. huruj tidak mengaji kitab kuning,

  27. kuruj sesat menyelesihi allah dan sunahnya..

  28. khuruj itu mnyebarkan amal ma’ruf nahi mungkar

  29. dasar dari pada ibadah adalah Ikhlas dan Iktiba. Kepada siapa kita iktiba’, tentunya kepada Rasull melalui hadist-hadist yang sholeh, Mohon bagi yang sepaham dengan Jamaah Tabligh, mohon dijelaskan riwayat dan dalil yang dipakai untuk khuruj? Bukankan telah diajarkan selamat dirimu dan keluarga dari api neraka? Jadi yang pertama-tama adalah diri sendiri, baru keluarga, baru orang lain. Saudara saya belasan tahun ikut tabligh tapi kakak sendiri masih tersesat, Saya insya Allah bertaubat karena dapat hidayah, bukan dari hasil khuruj atau dakwah tabligh,
    Ada satu pengalaman tidak mengenakkan dari Jamaah Tabligh. Mereka khuruj dirumah saya tidak tahu waktu. Sampai tengah malam berdakwah terus yang tdk jelas ilmunya. Padahal saya sudah menjadi ahli masjid. Mau diajak apa lagi? Diajak ikut berdakwah? Itulah persoalannya. Mereka mencari pengikut sebanyak-banyaknya.

  30. asalmukm…
    klo kuruj ala metode jama’ah tabligh itu tidak ada contoh dari nabi saw alis bid’ah.. bagaimana dengan dakwah melalui tv dan radio apa bid’ah juga kah…? tolong penjelasannya…

    • Amalan-amalan yang dilakukan jama’ah tabligh bercampur dengan bid’ah yang dilarang oleh agama.

      Adapun dakwah melalui tv dan radio ini terkait dalam permasalahan teknologi yang senantiasa berkembang, tidak termasuk ke dalam bid’ah yang dilarang dalam agama.

      Wallahu a’lam.

  31. Ibarat sebuah kue, kita tidak tau rasanya gimana kalau kita tidak cicipi, yakan..?? Sama hal dengan khuruj , , ikut dulu 3hari ,habis itu baru kita tau ,baik atau buruk….tapi selama antum tidak mau luangkan waktu biar 3hari ,maka selama itu antum akan salah paham.

      • sebenarnya jauh di dalam lubuk hati saudara kita muslimsumbar mengakui kebenaran kerja yang dilakukan oleh orang-orang dakwah…..(saya yakin muslimsumbar, orang yang memiliki jiwa tholab mengakui bahwa kerja berkelililng dari rumah-rumah mengajak orang untuk taat kepada Allah SWT adalah pekerjaan yang dirihai Allah SWT…. ) cuma mungkin karena belum ada kekuatan untuk mengerjakan amalan ini sehingga dgn mudahnya menyesatkan orang lain….

      • Sungguh hebat Saudara,,
        bisa mengetahui isi lubuk hati yang paling dalam…

        Semoga Allah menyelamatkan kita dari kesesatan.

      • Setuju, bukankah dakwah itu lebih baik atau lebih tepat dilakukan dimasjid. Bukan dgn cara khuruj, dari rumah kerumah atau dari tempat satu ketempat yg lain. Istri dan anak terlantar dgn begitu kewajiban dan tanggung jawab untuk menafkahi mereka terlalaikan sebagai seorang suami dan ayah. Menafkahi anak dan istri merupakan kewajiban sebagai seorang muslim. Tdk perlu melakukan khuruj dgn dalil dakwah tohkan sdh ada masjid dan ulama. Jadikanlah masjid sebagai tempat untuk berdakwah, sebagai tempat utk pemersatu umat muslim. Dengan begitu Islam akan menjadi semakin kuat dan tidak terpecah dlm berbagai golongan karena para ulama berpegang teguh pada Al Quran, Hadist dan Sunnah Rasulullah.

  32. @ramli:bila kita tahu itu kotoran apa perlu kita meyakinkan diri bahwa itu kotoran dengan mencicipinya???? renungkan jangan berkata dan berbuat sebelum mengetahui ilmunya

  33. agama bukan untuk di perdebatkan tp untuk diamalkan jika saudara2ku semuslim sudah lebih memahami alqur’an/sunnah dan sudah mengamalkannya dengan baik maka rangkul mereka yg belum faham dan ajak mereka untuk sama-sama mengamalkan.

  34. “ikutilah ciri-ciri da’wah Rasulullah dan para sahabat maka itulah yg menghantar kita ke minhaj Nubuwah yg sesungguhnya”…

  35. Setelah saya lihat semua perdebatan di komentar maka saya menilai bahwa yg komentarnya mendukung JT tidak ada hujjahnya, mereka memberikan komentar dengan dalil yg diakal akali.saran saya kalau mau debat adminnya lebih baik para JT siapkan dulu dalil2 nya, karena masalah agama gak bisa di akal akali

  36. Assalamualaikum.,Antum2 yg berilmu(salafi) bs ng antum ketempat kami ajari kami yg mana amalan yg bid’ah dan yg tdk bid’ah karna kami tdk paham hal seperti itu di karnakan tdk ada pmberitahuan terhadap kami dan seandaenya nanti di akherat kami di tanya sama alloh. “sudah adakah pemberitauan terhadap kalian”…? Pasti akan kami jawab tidak ada. Karna antum2 yg berilmu tdk mau luangkan waktu untk beri peringatan terhadap kami tapi kami salut dan bangga terhadap jamaah tabliq walaupun ilmunya sedikit mereka bisa luangkan waktunya ketempat kami dgn mengajak kami solat di masjid dgn cara berjamaah.kalo antum2(salafi) berniat ke tempat kami di ujung berbatasan sulawesi selatan dengan sulawesi tengah tapi hanya bisa dengan berjalan kaki karna tempat kami pegunungan.masa antum2 yang berilmu ngga bisa, sedangkan jamaah tablik yang sedikit ilmu aja bisa.wassalam….

    • Kami menyarankan kepada akhy agar belajar ilmu agama dengan baik.
      Hendaklah kita berilmu sebelum beramal.

      Silahkan mendatangi ustadz-ustadz yang bermanhaj salaf yang ada di dekat kawasan akhy berdomisili.

      Semoga Allah menambahkan ilmu kepada akhy.

      Kami juga berharap ada dari ahli ilmu (salafi) yang berdakwah ke sana.

  37. Insy yg buat blog ini suatu saatpun akan ikut khuruj…kalaupun tidak, insy anak dan cucunyalah kelak yang akan khuruj.

  38. Sungguh nyata …..Hawa nafsu telah membutakan kalian wahai Jt sehingga menghalangi kalian dari mengikuti jejak generasi yang telah dipuji oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai barometer kebenaran dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sikap seperti itu menggiring kalian untuk terus lebih mengedepankan logika ,kalian memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak dengan apa yang diajarkan dan diamalkan oleh generasi salaf ,menggunakan nash-nash Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai tameng untuk melindungi penyimpangan dan kesesatan kalian. Dengan cara meletakkannya tidak pada tempatnya, tidak sesuai dengan apa yang telah dipahami, disampaikan dan diamalkan oleh generasi as-salafush shalih. Naudzubillah nin dhalik.

  39. Bpk mertua sya pengikut JT..seorang haji tetapi telah d sesatkan oleh kelompok JT..sya melihat,selama khuruj k IPB tidak ada ilmu yg bertambah dr beliau..bhkan saat beliau mengajak sya untuk ikut bergabung sya tduk mau,,beliau tidak bs memberi dalil yg kuat tentang ibadah mereka,dasar beliau tidak ada..sangat sya sayangkan beliau bs tersesat d jalan JT..sya berdoa semoga beliau d beri hidayah oleh ALLAH SWT agar kembali k jalan yg benar,,

  40. jamaah jt menganggap masaikh2 di india seperti “nabi” (ini pendapat saya,saya mohon ampun kepada ALLAH jika pendapat saya salah) mereka manut aja walau perintah masaikh nya gak jelas dalilnya bahkan terkadang menurut saya melanggar syariat. (saya mohon ampun kpd ALLAH jika pendapat saya salah).karena saya manusia

  41. satu lagi menurut saya yg aneh…kenapa jamaah jt seperti lebih mengutamakan pergi ke india daripada pergi haji (walaupun anda berkilah tidak semua seperti itu,tapi saya lihat ada orang seperti itu) .tolong dijawab jt

  42. Ampuni hambamu ya robb., niat JT begitu mulia., tapi mereka tersesat
    semoga mereka cepat kembali ke jalan Allah
    Tanda2 kiamat., Rasulullah telah jelas mengatakannya
    umat islam akan trbagi menjadi 73 golongan

  43. haidar: dari hadist yg anda bawakan tadi apakah nanti satu golongan yg selamat adalah JT? tolong jika anda mengemukakan hadist dari rasulullah jangan anda penggal” sesuka anda. kemukakan lah suatu kebenaran jika anda merasa itu benar. dan berani lah untuk berkata tidak tahu jika ada orang yg bertanya kepada anda, yg anda tidak bisa menjawab nya. “semoga allah memberikan petunjuk kepada anda.

  44. tidaklah sama antara orang yg brilmu dengan orang yg tdk berilmu. mudah-muhan kita semua dibeikan rahmat dan hidayah oleh Allah SWT, aamiin

  45. Orang brilmu tdk akan mmbnggakan keilmuan nya d dpan orang bodoh. Smakn dtnjukkan smkn trlhat bodoh, klw dlm bhasa gaul namanya TENGIL. Ky orang kota yg dtng k desa, klw tengil makin dbnci dg pnddk sktar, klw merasa ilmu akhina muslim sdh tnggi, hrusnya smkin menunduk”tawadhu”, ingat ilmu padi. Jgn brputar d area cra brdkwah, lihat apa yg dsmpaikn. Bknkah yg dsmpaikan JT adalah mngajak kpd Alloh? Bknkah dkwah yg rosulullah yg prtma x adalah menegakkan kalimat tauhid. Klw fokus d kalimat tauhid urusan nya sm hati. Tp klw fokus dg teknis, pasti akan mudah brgesekan dg yg bda.

  46. TAASSUB MEMANG MENUTUP HATI SIAPAPUNUNTUK MENCARI KEBENARAN ,MESTINYA JJAMAAH TABLIGH YANG MASIH EKSIS TANYA KEPADA MEREKA YANG SUDAH KELUAR DAN TOBAT DARI KESESATAN JAMAAH TABLIGH

  47. Kalau di hati ada kesombongan maka siapa yang akan bisa memberi nasihat kepadanya?
    Sombong adalah menolak al-haq dan meremehkan manusia.
    Orang yang melakukan perbuatan bid’ah, pada hakekatnya sedang menodai ajaran agama islam, merendahkan agama islam,.. dan ini bukan membawa kepada kebaikan, justru membawa kepada kehancuran islam, Maka para pembuat ajaran baru itu secara langsung atau tidak langsung telah mensejajarkan dirinya dengan pembuat syariat ini, yaitu Allah,.. sungguh nanti Allah akan mengadzab dengan adzab yang pedih terhadap orang yang melakukan perbuatan tersebut, jika pelakunya tidak taubat dari hal tersebut,
    Dan jika semakin banyak pelaku yang mengamalkan amalan tersebut, maka siksa pembuat amalan tersebut semakin bertumpuk-tumpuk,. sebagai balasan atas tindakannya,, na’udzubillahi min dzalik

    .

  48. kalaulah mereka itu mau menerima nasehat, dan bimbingan dari ahli ilmu, akan tetapi realita yang membuktikan bahwasanya mereka tidak mau menerima nasehat dan tidak mau meninggalkan kebatilan mereka. Disebabkan ta’asub (fanatik) dan sikap menuruti hawan nafsu mereka yang bersangatan. Kalaulah mereka menerima nasehat-nasehat para ulama, niscaya mereka telah meninggalkan manhaj mereka yang batil dan pastilah mereka telah menempuh jalan ahli tauhid dan sunnah.
    Segera bertobatlah wahai tablighi (karkun/masturoh) sebelum ,Allah Subhanahu wa Ta’ala menyumpal pendengaran kalian dari mendengar, menutup hati kalian dari memahami dan menutup penglihatan kalian dari melihat kebenaran. Nauzubillah min dzalik.

  49. Seharusnya bertanya pada yg sudah menghadap Allah…
    Siapa benar siapa salah?

  50. sya jg mau mngemukakan pndapat sya dsini..
    kalo sya telusuri mmang JT byk skali trjdi pnyimpangan n cra brdakwah mreka jg tdk ssuai dgn Alqur’an & Sunnah Rasullullah SAW..
    sya critakan pngalaman sya ttg JT ini..
    Alhamdulillah saudara laki2 sya trmasuk ahli sunnah wal jamaah..ttapi ada tmnx yg mrupakan anggota JT mngajak saudara laki2 sya u/ ikut brdakwah brsama mreka n saudara laki2 sya tdk mau..brulang kali mreka mndatangi rmh sya ttapi ttp saudara laki2 sya teguh dgn pndirianx tdk mau ikut, krn saudara laki2 sya tau kalo cra brdakwah mreka tdk ssuai dgn tuntunan Rasulullah SAW..
    kata temanx itu mreka brdakwah smpai ke luar negri bhkan smpai ke Pakistan..ttapi bgaimnapun hasutan mreka, Alhamdulillah saudara laki2 sya tdk ikut trpengaruh..
    n ada jg pngalaman dr tmn kk ipar sya kalo dia pnya tmn prempuan yg suamix anggota JT..
    temanx itu brcrita kalo dia sdh tdk tahan lg hdup brsama suamix itu krn suamix itu sring prgi mninggalkanx minimal satu kali seminggu dia hrs prgi u/ ikut prgi brdakwah brsama anggota JT lainx yg alasanx adlh prgi brdakwah itu sma dgn prgi brjihad..bhkan wktu istrix sdg melahirkan pun suamix itu ttp prgi mninggalkanx tnpa mau mnemanix..oleh krn itulah tmn kk ipar sya itu tdk tahan lg n mmutuskan ingin brcerai dgn suamix yg mrupakan anggota JT itu..

  51. Kl dari pengalaman ane….tiap orang JT tu paling pintar menyamakan sesuatu. Misalnya dalil Khuruj mereka disamakan dengan proses es yang ditaruh di kulkas. Apabila air ditaruh sebentar di kulkas maka tidak akan menjadi es, sedangkan apabila ditaruh lama di kulkas akan menjadi es. begitupula dengan Khuruj. Kalau tidak khuruj (cuma sebentar di mesjid) maka tidak ada ilmu….

    Sungguh perumpaaan yang aneh..tanpa menyertakan dalil Al Quran dan/atau hadist.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: