FENOMENA HASAD

imamahHasad di antara ulama termasuk jenis hasad kepada sejawat yang muncul karena berkumpulnya mereka dalam satu hal, yaitu menuntut ilmu.

Ibnul Jauzi berkata, “Saya meneliti hasad yang terjadi di antara ulama maka saya melihat bahwa sebabnya adalah cinta dunia. Sebab ulama akhirat mereka saling mencintai, tidak saling hasad.” (Lalu beliau menyebutkan surah al-Hasyr: 9-10).

Perbedaan antara kedua kelompok itu, bahwa ulama dunia melihat kepada kepemimpinan dan senang banyaknya jama’ah serta pujian sedangkan ulama akhirat sangat menghindari hal tersebut. Mereka sangat takut dengannya dan kasihan terhadap orang yang tertimpa penyakit itu.

Abdul Aziz Abu Hazim berkata, “Dahulu jika ada seorang ulama bertemu dengan orang yang lebih alim darinya maka itu dianggap dari ghanimah. Jika bertemu dengan orang yang setara ilmunya maka mereka mudzakarah (saling mengingatkan) dan apabila bertemu dengan orang yang di bawahnya, mereka tidak merendahkannya. Berbeda dengan zaman ini, di mana seseorang mencela orang yang lebih alim darinya dengan maksud agar menjauhinya sehingga manusia tidak butuh lagi dengannya, tidak mengingatkan orang yang setara ilmunya dan sombong dengan orang yang di bawahnya sehingga masyarakat menjadi hancur.”1

(Dikutip dari majalah al-Mawaddah vol. 63, THN. VI 1434H/2013M halaman 50, tulisan Ustadz Abu Bakr dengan judul “Waspadai Virus Hasad!”).

Abu Aslam bin Syahmir

Footnote:

  1. Jami’u Bayanil ‘Ilmi wa Fadhlihi 2/151-152.

Posted on Juni 11, 2013, in AKHLAQ and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. sukron atas ilmunya ijin copy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: